Karangsambung

Dua puluh kilometer arah utara Kebumen, sebuah kecamatan yang dibelah oleh sungai yang berkelok seperti ular, dan karena itulah disebut Luk Ulo. Ada beberapa versi tentang arti Luk Ulo, ada yang mengartikannya sebagai “seperti ular” ada yang bilang juga “air mata ular”, yah tapi aku lebih setuju dengan yang pertama. Kecamatan yang tidak terlalu ramai, dengan penduduk tidak tau berapa, fasilitas umum cukup baik dalam dua tahun terakhir, setelah Karangsambung ini di resmikan oleh Presiden RI sebagai situs GeoWisata. Sebuah tempat yang menyajikan keunikan batuan secara geologi maupun secara umum. Jalan menuju Karangsambung cukup baik saat ini, berbeda dengan kondisi beberapa tahun yang lalu, jalan aspal berlubang cukup melelahkan. Jalur Truk pengangkut pasir Luk Ulo membuatnya semakin tidak layak. Kini Kebumen-Karangsambung dapat ditempuh kurnag dari 30menit, sedangkan dua tahun yang lalu bisa mencapai 1jam.

Di Karangsambung ini setiap tahun mahasiswa geologi dari berbagai PT (Trisakti, UPN, ITB) melakukan kulah lapangan, bahasa kerennya fieldcamp. Kesempatan menjadi asisten cukup menyegarkan, setelah beberapa waktu berada di depan monitor. Sebuah UPT LIPI ada disana, dengan berbagai fasilitas yang cukup baik untuk sebuah kampus lapangan. Dan kini semakin baik dengan adanya beberapa sumbangan dari perusahaan minyak dalam negri. Sebulan penuh mahasiswa dari pagi hingga malam melakukan kegiatan lapangan, dengan hanya libur 1hari saja. Cukup melelahkan jika tidak dijalani dengan senang. Untungnya, tidak ada asisten yang sebulan penuh disana.

Jika ingin melihat beragam batuan dari yang sangat tua hingga yang berasal dari dasar laut dan batuan lempeng samudra silahkan melakukan perjalanan ke Karangsambung.

About these ads

31 responses

  1. isfiya

    Wah kerenz juga tempatnya, jadi pengen jalan-jalan lagi …..
    Ntar ahhh, kalo ada kesempatan….
    Me at http://www.isfiya.wordpress.com

    20 Agustus, 2008 pukul 10:16 am

  2. ibrahimlubis

    yah… situ lebih mantap lagi artikelnya… kita sih masih belajar… hehe…

    2 September, 2008 pukul 5:55 pm

  3. Izza

    wah, tempatnya keren banget…

    visit my blog at http://binaizza.wordpress.com

    27 September, 2008 pukul 1:22 pm

  4. varda

    apa menariknya lihat2 batu? i don’t buy it, yet. cerita lebih lanjut dong.

    Luk Ulo ~~ like ulo?

    7 November, 2008 pukul 1:29 am

  5. toto

    yeee……dateng aja ke Karangsambung, aku salah satu saksi karena aku orang karangsambung….

    4 Desember, 2008 pukul 10:55 pm

  6. yupz bagus yachhhh
    aku bangga jadi anak karangsambung

    8 Desember, 2008 pukul 10:08 pm

  7. emang keren kok … rasanya juga pingin banget kesana lagi, dulu pernah neliti bebatuan disana … sempet bareng orang bule juga … bebatuanne dahsyat buener. Ada yang mau ngajakin kesana lagi ;)

    salam lestari dari anak Gaspala SMU N 2 Kebumen

    12 Desember, 2008 pukul 2:10 pm

  8. oax'

    ngelihat batu di tempat asalnya bisa menyenangkan juga ya?? secara saya biasanya ngelihat batu udah dipotong 30x30cm trus ditempel ke dinding pake semen… *wadow!digebukin para geologist…

    24 Desember, 2008 pukul 8:46 pm

  9. :D gpp, yg 30×30 itu jg nyarinya ato ngambilnya kadang geologist jg.. ato yg punya nya.. he..he..

    26 Desember, 2008 pukul 11:16 am

  10. Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP Nomor Urut 5 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
    Semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam Hangat buat Keluarga Anda
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

    3 Januari, 2009 pukul 9:27 pm

  11. susy

    Emang karangsambung keren kok……aq jg pengin lg kesn, dl waktu kecil aq sekolah disn tp dah lm ga pernah kesn lg. Kangen jg ama tmn2 dl. Salam buat smuanya.

    13 Januari, 2009 pukul 4:01 pm

    • adhy

      sekolah dimana sus?

      11 Juni, 2011 pukul 7:36 pm

  12. anak gea ya mas?

    13 Februari, 2009 pukul 12:04 pm

  13. begitulah..

    13 Februari, 2009 pukul 2:19 pm

  14. karangsambungku……..

    14 Februari, 2009 pukul 5:57 pm

  15. kasman p.

    memang kita sbg warga krz musti bnyk mempromosikan desa kita sbg tempat wisata alam yg menarik untuk mejaring wisatawan biar lebih rame n dikenal secara umum.ayo berjuang untuk krz

    4 April, 2009 pukul 11:27 am

  16. Karang sambung I LOVE YOU FULL

    25 Agustus, 2009 pukul 11:15 pm

    • btw kie budi sapa ya?
      aku ipul kedungwaru.

      26 Desember, 2009 pukul 10:47 pm

  17. Lagi mau coba kesana nih mumpung wiken panjang, dan tentu dengan rasa senang karena ini milik Indonesia dan warisan dunia pula

    25 September, 2009 pukul 8:34 am

  18. inas

    wah, di karangsambung sangat menarik sekali,jadi pingin kesana lagi

    2 Juli, 2010 pukul 8:23 pm

  19. tukimin

    Kalau saja teman-teman ini mengerti tentang Karangsambung, pasti bangga banget menjadi penduduk di sana. malah saya akan coba ikut memikirkan karangsambung jadi daerah wisata. hebat tidak. saya itu asli banget putra watutumpang-karangsambung

    26 Agustus, 2010 pukul 2:35 pm

  20. smg kekayaan alamnya tidak dieksploitasi tak terkontrol

    13 Desember, 2010 pukul 11:37 pm

  21. yongki

    Ada lagi tempat yang juga bagus yaitu museum batu gamping. Kalo nggak salah di Jawa Timur.

    17 Mei, 2011 pukul 12:36 pm

  22. yongki

    Maksud saya Museum karst di Wonogiri juga sangat bagus untuk di kunjungu…. daaah

    17 Mei, 2011 pukul 12:51 pm

  23. jasman pancadharma

    saat ini karang sambung sangat membutuhkan investor untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat nya,supaya tidak lagi terjadi penambangan pasir secara liar.

    30 Mei, 2011 pukul 3:33 am

  24. adhy

    Kebumen, CyberNews. Belasan rumah warga di Dusun Ketanggung, Desa Seboro, Kecamatan Sadang, Kebumen retak-retak sebagai dampak dua gempa bumi yang terjadi dalam satu malam. Getaran gempa pertama dirasakan warga sekitar Minggu (5/6) pukul 21.02, sedangkan getaran kedua dirasakan Senin (6/6) pukul 02.11 dini hari.
    Saya merasakan, getaran gempa tidak goyang. Tetapi seperti bumi anjlok di ke bawah,” ujar Sutikno (43) warga yang rumahnya retak-retak dan pintunya tidak bisa ditutup.

    Informasi yang dirilis BMKG menyebutkan, gempa pertama berkekuatan 3,7 SR berpusat 7.49 LS-109.68 BT, berada di darat 21 km timur laut Kebumen dengan kedalaman 10 kilometer, sedangkan gempa kedua berkekuatan 3,9 SR dengan pusat gempa 7.46 LS,109.66 BT atau 24 kilometer barat laut Kebumen dengan kedalaman 11 kilometer.a

    11 Juni, 2011 pukul 7:32 pm

  25. adhy

    desa seboro terletak 5 KM dari Karangsambung, dan masih menjadi salah satu desa tujuan penelitian Geologi

    11 Juni, 2011 pukul 7:34 pm

  26. saya ingin mengunjungi karangsambung lagi karna tempatnya bagus dan batu-batuanya sangat indah sekali.uye,,,,,,uye…….

    8 Agustus, 2011 pukul 10:15 pm

  27. maman061

    hhhhmmmm……saya pernah jd asisten dr berangkat sampai pulang…berdua dengan pak kusnaedi waktu itu….kebetulan karena field mapping saya disitu….disekitaran totogan-lokidang…

    9 April, 2012 pukul 9:06 am

  28. umroni

    Semoga dg adanya geonatural dikarang sambung wacana kekayaan bumi di indonesia makin terkuak,konon batuan1/2ada di bumi ada di karangsambung. Sy sebagai miner. Bangga ,yg para intelek geologi kita bisa menyikapinya dg arif. Salam. Miner

    29 Juni, 2012 pukul 1:21 pm

  29. ndro_wae

    Mantap jd pengen kesana mo cari batu akik

    20 Oktober, 2014 pukul 11:29 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.