Padalarang

pdlrg

pdlrg

Padalarang.

Akhir-akhir ini kata “Padalarang” terasa sangat familiar di telinga. Beberapa bulan terakhir memang aku mendapat kesempatan untuk melakukan riset tentang “rekahan” di batugamping Rajamandala yang berada di Padalarang.

Padalarang adalah kota kecamatan yang berjarak tidak lebih dari 20km dari Ibu Kota kabupaten Bandung, Cimahi. Padalarang terletak sebelah barat tepatnya. Padalarang dapat ditempuh sekitar 1jam dari kota bandung lewat Tol Pasteur. Kalau pake motor mungkin lebih lama. Jika lewat tol, ada pintu keluar Padalarang, baik dari bandung ato dari arah jakarta.

Di Padalarang terdapat batugamping Rajamandala yang berumur Oligosen-Miosen (36-20Jtl). Batu gamping ini banyak ditambang sebagai ubin dan bahan kapur. Selain sebagai daerah pertambangan, terdapat juga gua Pawon dan banyak tempat yang menarik. Bahan kalau perhatikan iklan megapro, di tempat terakhir iklat itu adalah padalarang. Bagi para penggemar panjat tebing pasti tidak asing dengan daerah bukit-bukit batugamping disini. Ada beberapa yang biasa digunakan para penggiat panjat tebing untuk menghabiskan weekend mereka.

Pemandangan dari puncak-puncak bukit di padalarang ini bagus. Sayangnya kabut asap hasil pembakaran batugamping dari beberapa pabrik kapur di pinggir jalan menyelimuti selalu.

11 responses

  1. tak pikir mbahas kertas atau “podo larang” jebule lokasi tho…

    anyway Padalarang iki ono hubungane karo kertas padalarang kah?

    14 Juli, 2008 pukul 10:32 am

  2. nett

    lapor… postinganmu nggak ke-link lagi sama tjakra.

    hmm… i dun really understand abt the rekahan thing, but the scenery looks great, deffo ^_^

    18 Agustus, 2008 pukul 2:15 pm

  3. to Atma: he..he.. hmmm.. ketokke pabrike neng kono kali yo? ra ngerti pastine…

    to Netta: iyo beberapa postingan ra mlebu.. tp sik iki ono ah… hmm…
    rekahan.. ya begitulah..

    19 Agustus, 2008 pukul 5:22 pm

  4. bro kenalan dong ,postingannya keren2

    23 Agustus, 2008 pukul 1:11 am

  5. ck..ck hampir semua postinganmu ttg tempat2 yang eksotik! Petualang sejati kamu tik! hehe

    15 Desember, 2008 pukul 8:32 pm

  6. dah lama ternyata aku absen ga nulis.. sebenernya banyak tempat yg mo di bagi-bagi… cuma blm sempet aja..😀

    15 Desember, 2008 pukul 11:08 pm

  7. janganlewatbelakang

    Numpang curhat yah……..!!!!!!

    SEMOGA PENGALAMAN INI TIDAK TERJADI PADA ANDA,sudah puluhan kilometer kita tempuh hasilnya hanya buang-buang waktu saja.

    Pagi-pagi saya berangkat menuju SAMSAT PADALARANG yang jaraknya lumayan jauh dari daerah saya.,saya langsung menuju ke loket INFORMASI dari informasi saya di tunjukan ke loket 13 karena di situlah tempat pelayanan MUTASI KE LUAR DAERAH,saya di layani pak polisi yang berinisial (kalau saya tidak salah lihat) “H”.sama pak H saya suruh baca persyaratan,karena saya sudah tanya2 sehari sebelumnya lewat telephone(022-6621010) saya minta pak H untuk mengecek kekurangan2 persyaratannya,tapi jawaban pak H tetap suruh baca sambil bilang cek fisk juga belum ada (dengan nada marah lho) akhirnya saya Tanya tempat cek fisik ke pak polisi yang berada di luar ,saya di tunjukan ke bagian belakang(tempat cek fisik).di tempat cek fisik ploisi mengingatkan persyaratanya sudah di copy rangkap 4 belum?(dengan nada ramah).setelah persyaratan semua sudah saya penuhi saya kembali lagi ke loket 13 .apa yang terjadi ????Pak H marah-marah(saya gak akan jabarkan perkataan apa saja yang keluar dari mulutnya pak H,yang psati membuat orang yang ngantri di sebelah tempat duduk saya bertanya-tanya) ke saya karena mungkin(bukan mungkin tapi pak H bilang pakai geleng-geleng kepala segala) merasa tersinggung karena saya geleng2 kepala di awal pendaftaran.persyaratan saya di cek, Pak H mempermaslahakan Kwitansi pembelian motor yang tandatangannya tidak sama dengan yang asli .alhamdulliah-nya saya bawa kwitansi asli dari pemilik pertama (saya ganti dengan yang baru karena kondisi kwitansi sudah lecek & tidak ada materinya)kwitansi aslipun saya tambahkan materai 6 ribu supaya tidak ada kekurangan lagi.tapi apa kata pak H (semoga alloh memafkanya) tetap salah karaena apa .alasan pak H dari awal sudah salah,yang kedua nama yang ada di kwitansi berbeda dengan nama yang di STNK (contoh nama di STNK “HERU” sedangkan di kwitansi “HERRU” akhirnya saya pulang dengan hati yang sangaaaaaaaaaaaaaaaaat dongkol.saya di sarankan oleh pak POLISI yang di luar agar datang lagi 2 mingguan supaya pak H /petugas tersebut sudah lupa dengan kejadian ini.
    PENGALAMAN SAYA DALAM PENGURUSAN YANG PERSYARATANNYA MENGHARUSKAN KWITANSI PEMBELIAN TIDAK PERNAH ADA MASLAH.meskipun itu tidak asli.

    TUJUH TIPS
    1.Jangan membantah perintah Petugas yang melayanai
    2.Suara kita jangan ikut meninggi ketika petugas suaranya tinggi
    3.Jangan melakukan gerakan yang menyinggung petugas
    4.jangan mengagap bahwa semua petugas kasar/tidak ramah pada kita(banyak PETUGAS yang sangat MELINDUNGI & MELAYANI MASYARAKAT)
    5.Cari info sebanyak mungkin tentang persyaratan apa saja yang harus di penuhi( saya sarankan untuk menanyakan ke tukang gosok no rangka & mesin/ ke tukang foto copy,biasanya mereka lebih hafal & ramah menjawab)
    6.jangan mengaharapkan akan di layani dengan baik seperti kita dilayanai para pegawai BCA yang selalu tersenyum & menyapa setiap bertemu Customer/di layanai para petugas GRAPARI TELKOMSEL yang ruangan sejuk ,minuman dingin ada,Koran terbaru ada & senyuman para petugasnya
    7.Kalau anda banyak uang / tidak banyak waktu saya sarankan memakai biro jasa / calo yang di tempat(pengalaman saya persyaratan sangat-sangat tidak RIBET & sangat-sangat cepat tergantung permasalahan)

    Persyaratan Mutasi ke luar daerah(untuk perorangan)

    1.FC BPKB
    2.FC STNK
    3.KWITANSI PEMBELIAN(BERMATERAI 6000)(ASLI & DI FOTO COPY) catatan:nama & tanda tangan harus sama dengan yang di STNK untuk menghindari petugas mempersulit persyaratan(Kalau bisa bawa KTP asli pemilik lama)
    4.FC KTP(anda)
    5.CEK FISIK ( KENDARAAN DI GOSOK(no rangka & no mesin) DI TEMPAT) Rp.10.000
    6.BPKB asli
    7.STNK asli
    8.KTP(anda) asli
    Catatan : Foto Copy Masing-masing 4 rangakap.

    Proses 1 bulan untuk mendapatkan No Resi

    Tulisan ini hanya sekedar pengalaman untuk mengantisipasi kejadian terjadi kedua kalinya kepada orang lain.tidak bertujuan menjelekan seseorang / suatu lembaga tertentu dan demi memakmurkan ekonomi rakyat kecil(bisa anda bandingkan perbedaan /selisih bila kita mengurus sendiri dengan memakai jasa orang lain(CALO).bagi pihak terkait silahkan memberikan COMMENT

    Masih bersambung…………………………………

    29 September, 2009 pukul 1:32 pm

    • wah, salah tempat Mas/Mbak, mustinya masuk surat pembaca ato apalah..

      29 September, 2009 pukul 10:47 pm

  8. arjun

    di padalarang adakah tempat yg dekat dengan mata air langsung..??
    klo ada dimna ya.. ??
    mohon informasinya…
    makasihhhh

    26 September, 2010 pukul 4:18 pm

  9. Padalarang tempat ku dibesarkan, padalarang banyak menyimpan kenangan, teman, saudara, dan sahabat-sahabat kecil.

    15 April, 2011 pukul 9:03 pm

  10. bucex

    ah da sayah mah orang padalarang asli, jadi sayahmah ga bisa ninggalin padalarang sampai kapanpun

    23 Agustus, 2011 pukul 12:30 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s