Karimun Jawa -last minuter

Ceritanya ada beberapa manusia yang melempar issue liburan long wiken. Macem2, ada yang usul ke dieng, karimun, ato cuma nongkrong ngabisin kopi di mana lah. milis kecil pun berlanjut. maksudnya itu “reply to all” nya jalan terus. ada juga yang niat nyari inpo2 ke karimun. di post kan lah di “reply to all”. pasukan dikerahkan, ga banyak. cuma beberapa manusia yang lagi sutris dengan kerjaan kayaknya. beberapa kali putaran “reply to all” akhirnya diputuskan ke karimun.

tentunya diriku masih “gampang” ntar kalo jadi tak kabari. he..he.. sampe ada yang bilang ” i love your “GAMPANG””. he.he.. biasa kebiasaan keputusan lastminute blm ilang. tanggal 18nya, libur kan tanggal 17 hari senen, ada rapat progres report yg repot juga. jadi masi dilema moral mau ikuta ato nggak. yang laen 4 manusia itu sudah pesen tiket segala malah. diriku masih “GAMPANG”. ha..ha..ha.. tiket kapal cepat semarang-karimun udah dipesen 5 kursi, mana dapetnya yg eksekutip (130rn klo ga salah) lagi.. klo batal bisa ditodong manusia yg mesenin tiket ogut.. (halah)..

sampe bebrapa menit sebelum bis dr depan boromeous berangkat, statusku masih “gampang”. blm pasti, kerjaan masih blm beres 100%. padahal itinerary-nya sampe bandung selasa pagi, karena pake keramat jati depan boromeous (bdg-smg-jepara, 75 rb AC), setelah liat2 jadwal montor mabur ga ada yg mecing.

akhirnya diputuskan bawa leptop ke karimun, HEH! ini mau liburan ato mo ngapain seeh?? ya demi kian, dr pada dipetungi manusia2 di lab. berangkatlah sendirian dari bdg jumat sorenya, karena Gunjun ga bisa. sampe semarang pagi, dengan sedikit kebodohan nyaris kelewatan dan sampe jepara. parah! baru sadar kalo kelewatan pas liat nama jalannya kok semarang-demak. he..he.. alhasil musti muter balik, karena manusia yg sehari sebelumnya sudah bolos kerja (maja, lino, subayek dan sunet)ย  sudah ada di semarang.

semarang-karimun cuma 3jam saja (kapal berangkat jam9), kapalnya ok, tp ombaknya yg nggak nguatin. 1jam pertama masih bisa ketawa2, poto2, bahkan buka lapak buat maen kadal2an. abis itu, mulai puyeng2, untung ada kursi eksekutip, merem lah kita daripada musti ‘ngisi kresek’. sampe karimun panas euy.. ya iyalah. pertama yang tak kuduga: kok gunung ya? kirain cuma semacam gili di lombok, walopun aku tau dr temen sebelah (sebelah lab) klo karimun itu isinya granit (dasar geologist, kemana-mana batu aja yg dipikirin).

ow iya, ketinggalan. pas naek kapal, tiba2 aku melihat mbak2 yg familiar. eh ini manusia tampaknya aku kenal. ha..ha.. ternyata anak2 TL 02, temen2nya Hame ber-9 cewe2 semua (ada satu anak EL UGM temenya Subayek). penginepan dipesenin “anggotanya” Lino yg lg kkn di sono. padahal sebelum turun kapal dan minta pak’e yg di jaga kapal pesen kamar di homestaynya si pak’e. setelah agak rodo mulet bingung, yg dipesenin anggotanya Lina opo pak’e. padahal yo sama aja depan2an dan ya ga masalah. akhirnya ke wisma pak’e yg namanya (eh guest house) Mulyono. jalan dr dermaga jauh juga, gaya bener ga mau ditawari naek becak. gaya apa kere yak??

kamarnya ok, kayak kos2an di jogja jaman dulu, satu pintu rumah ama Pak Mulyono-nya. abis istirahat trus nyari pantai buat nyebur biar basah, masa ke karimun ga nyebur?! (ini pertanyaan buat subayek). minta dianterin pake speedboat ke pulau sebelah, menjangan kecil klo gasalah (yg ini kayak gili beneran), pasrah ma Pak Mul yg nyariin boatnya. ya sekedar ngetes kamera baru (Canon PS D10) benran bisa nyemplung aer ndak. he..he.. boleh lah..

sunsetnya bagus, mungkin karena ngeliat ada 5manusia rada edan di ujung pulau, banyak manusia2 dari penangkaran hiu yg akhirnya nyebrang ke pulau ini. jd rame deh.. tp tetep ok.

Picture 460

malemnya tidur seperti biasa, malem banget, karena musti buka leptop dulu. he..he.. makannya di warung sebelah alun2, lumayan murah dr pada maem di penginapan.

besoknya jalan2, berkapal-kapal sih sebenernya, menclok2 di pulau, pulau cemara, pulau menjangan gede, dan ke tanjung gelam yg ada di pulau karimun. karena granit kali ya, pasirnya putih dan halus, walo tetep banyak yg dari rombakan penyusun karbonat reef. liat aja potonya, nggak ngerti mau diceritain gimana. bagus banget lah. apalagi si Lino bawa termos (minjem si Bu Mul) untuk makan siang dengan popmie di pulau cemara.

Picture 690

Picture 702

satu alat snorkling yg tersisa di pulau ini (punya Pak Mul) dipake gantian, buat sekedar liat2 bulu babi. he..he.. nggak lah.. koralnya banyak juga.. tentunya sambil ngetes kamera. sunset di tanjung gelam bagus banget, sampe2 manusia “reply to all” ini tinggal disana sampe bener2 gelap dan tinggal satu kapal yg nungguin kami2. gpp, kan kapalnya di book seharian buat kliling2 dan nungguin kita (250-300rb/hari).

besoknya masih ga kalah seru. hari yg akan dihabiskan di laut, karena kapalnya yg hari itu ada yg ke jepara, 6jam karimun-jepara. penuh sesak, akhirnya manusia “reply to all” ini milih rooftop kapal.. ha..ha.. kapan2 bisa nongkrong di rooftop kapal 6jam, panasnya maknyus, dan goyang dombretnya kerasa sekali. plus, sesekali denger terompet kapal yg pas diatas kepala. untung ada karpet yg bisa di jadiin bivouac biar ga gosong2 amat (walopun belakangan setelah 2minggu masih blm pulih juga, kayak nglungsungi). seperti waktu berangkat, awal2 masih ngomnang (apa ya bahasa indonesianya?) ngomong kesana-kesini, abis itu merem aja lah, yg kali ini nggak ada kursinya.. di rooftop itu cuma kami saja, yg laen di bawah empet2an.. eh lagi enak2nya tidur, tiba2 terompet diatas kepala teriak2 kayak bangunin napi aja.. ternyata di depan sudah kliaatan pulau jawa (yg ga pake karimun).

Picture 847

kota jepara tampak ga begitu rame, aku cuma dr dermaga-terminal aja sih, itu jg naek becak (10rb) liatnya.. he..he.. di terminal bayar tiket ke bandung (75 juga, kramat jati jepara-bandung yg isinya keknya orang2 mau ke karimun semua waktu berangkat)

karjaw

6 responses

  1. oax'

    humm๐Ÿ˜• *ngebayangin seberapa gosong adalah gosong..

    5 September, 2009 pukul 2:01 am

  2. dompetmu terancam bahaya kalo nggak dateng…๐Ÿ˜›

    btw, kemaren rombongan intisari abis dari sana, almost the same route, but they did some snorkling di cemara kecil.

    next time (if there’s any) we’ll bring our own snorkling gear.๐Ÿ˜€

    7 September, 2009 pukul 6:44 pm

  3. yup. yoi..yoi.. musti modal snorkel neeh…

    11 September, 2009 pukul 6:20 pm

  4. Tri Setyo Wijanarko

    nggak sabar kesana tanggal 26 besok, gosong2 gpp dah kalo bisa ngeliat pulau seindah itu

    18 September, 2009 pukul 12:35 pm

  5. rokhima

    iso renang sek tik, wkwkwkwkwk,,,

    28 Desember, 2009 pukul 12:26 am

    • tiktok

      ha..ha.. rasah yo rapopo.. kan ono pelampung.. :))
      *tp beneran iki lg mengasah kemampuan, dan memperkuat paru2 dgn tidak ngebul

      28 Desember, 2009 pukul 12:34 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s